Tingkatkan Kapasitas Petugas Rutan Balikpapan, FK-KMK UGM Dan HIPGABI Beri Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

    Tingkatkan Kapasitas Petugas Rutan Balikpapan, FK-KMK UGM Dan HIPGABI Beri Pelatihan Bantuan Hidup Dasar
    Tingkatkan Kapasitas Petugas Rutan Balikpapan, FK-KMK UGM Dan HIPGABI Beri Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

    BALIKPAPAN – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Balikpapan bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) dan Himpunan Perawat Gawat Darurat Dan Bencana Indonesia (HIPGABI) menggelar pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi petugas dan kader kesehatan.

    Sinergi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam memberikan pertolongan pertama pada keadaan darurat serta situasi medis mendesak, Sabtu (17/06/2023).

    Kegiatan pelatihan BHD dipandu langsung ketua FK-KMK UGM selaku koordinator beserta tim. Selain petugas, pelatihan juga melibatkan  kader kesehatan yang telah dibentuk di Rutan Kelas IIB Balikpapan untuk memastikan bahwa pengetahuan dan keterampilan BHD dapat disebarluaskan dan bermanfaat di lingkup Rutan Kelas IIB Balikpapan. 

    Bertepatan dengan kegiatan pelatihan, Kepala Rutan Kelas IIB Balikpapan Agus Salim mengungkapan bahwa pelatihan BHD bagi pegawai dan kader merupakan upaya meningkatkan kesiapsiagaan dan pelayanan yang lebih baik di Rutan Kelas IIB Balikpapan.

    ”Dalam situasi darurat, keterampilan BHD sangat penting untuk memberikan bantuan cepat kepada warga binaan yang membutuhkan pertolongan medis sebelum mendapatkan perawatan lanjutan dari tenaga medis yang berkualifikasi, " Tutur Agus.

    Pelatihan diawali dengan penjelasan materi secara detail, dilanjutkan sesi demonstrasi dan praktik oleh para peserta. Para peserta diberikan kesempatan untuk mempraktikkan langkah-langkah bantuan hidup dasar dengan bimbingan langsung dari instruktur, guna memastikan pemahaman dan penguasaan keterampilan yang baik.

    Selain itu, acara pelatihan juga melibatkan sesi tanya jawab dan diskusi, dimana peserta dapat mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman terkait penerapan bantuan hidup dasar di lingkungan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Balikpapan Diskusi ini bertujuan untuk mendorong pertukaran informasi dan pengalaman yang lebih baik antara petugas dan kader kesehatan.

    (N.Son/Hms Rutan Balikpapan)

    kalimantan timur balikpapan berita dan informasi balikpapan terkini dan terbaru balikpapan hari ini rutan balikpapan terkini dan terbaru karutan balikpapan agus salim agus salim berita dan informasi rutan balikpapan hari ini berita utama rutan balikpapan hari ini indeks utama berita rutan balikpapan hari ini kumpulan informasi berita rutan balikpapan terkini dan terbaru berita dan informasi kemenkumham hari ini kemenkumham hari ini
    Narsono Son

    Narsono Son

    Artikel Sebelumnya

    Kemenkumham Jateng Terima Kunjungan Pelapor...

    Artikel Berikutnya

    Menkumham Yasonna H Laoly Beri Piagam Pada...

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    Dalam Silaturahmi Kamtibmas, Irjen Pol Ahmad Luthfi Mendapat Ucapan Terima Kasih dan Harapan dari Ketua MUI Provinsi Jateng
    Hadiri Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II T.A. 2024 di Giriwoyo, Kapolres Wonogiri Dukung Percepatan Pembangunan Wilayah 
    Sukseskan Pelaksanaan Pilkada Jateng, Pengurus Ponpes Darul Amanah Dukung Irjen Ahmad Luthfi Jadi Gubernur
    Irjen pol Ahmad Luthfi Sinergi dengan Kelompok Pecinta Otomotif Wujudkan Jawa Tengah Gemah Ripah Loh Jinawi Toto Tentrem Kertoraharjo
    UPZ Mushola An Nur Purwokerto Barat Siap Bantu dan Layani Masyarakat

    Tags